Minggu, 17 Agustus 2008

Futsal Terong

Surabaya, 18 Agustus 2008

Kemarin, 17 Agustus 2008 adalah hari yang spesial bagi bangsa Indonesia, hari dimana seluruh warga memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Lomba-lomba diadakan di setiap kelurahan di seluruh negeri dengan meriah. Salah satunya adalah di Kelurahan Gading, Kecamatan Tambaksari.

Peringatan hari kemerdekaan di tempat ini diisi dengan banyaknya perlombaan yang berlangsung dari tanggal 15 sampai 17 Agustus 2008. Bentuk perlombaan yang berlangsung pada tanggal 15 dan 16 Agustus sebagian besar hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni balap karung, mengaitkan topi pada tali setinggi 1,5 meter, dan lain sebagainya.

Namun yang paling menarik adalah pada puncak acara yakni tanggal 17 Agustus yang jatuh pada hari Minggu, dengan lomba yang dinamakan futsal terong. Adapun aturan dari futsal terong tersebut hampir sama seperti futsal biasanya, tetapi hanya terdapat satu gawang dengan pemain satu lawan satu. Masing-masing peserta mendapatkan satu bola yang harus mereka giring dan masukkan ke gawang. Memang kelihatannya mudah, tetapi yang menarik yaitu para peserta tidak boleh menggunakan kedua kaki dan tangan untuk menggiring bola, melainkan harus menggiring bola dengan terong muda yang diikat dengan tali panjang pada pinggang mereka, sehingga terong muda tersebut bergantungan diantara kedua kaki mereka.

Saat itu pukul 15.00, lomba tersebut bertempat tepat didepan rumah saya. Para warga sudah berkumpul sejak setengah jam sebelumnya untuk melakukan pendaftaran. Tua-muda semuanya berkumpul didepan rumah saya untuk menyaksikan lomba tersebut. Pada saat lomba dimulai terdengar suara ramai, tertawa terbahak-bahak, sorakan-sorakan dukungan dan lain sebagainya. Lomba tersebut berakhir pada pukul 18.00 dan dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada para pemenang.


Tidak ada komentar: